Kamis, 07 Desember 2017

What to do when you are pregnant in Belgium

Hello temen2 setanah air yang tercinta. Di selah2 jam istirahat kerja saya, saya ingin berbagi mengenai ribet nya saya pas pregnant beberapa bulan yang lalu dan juga tips untuk calon ibu-ibu baru.
Pas saya pregnant dulu sih hengkang2 kaki saat liburan kerja itu udah tinggal kenangan. Yang ada tuh panic attacks berkali-kali karna gak tau harus nyiapin apa aja dan harus mulai dari mana. Seperti biasa saya pun jelajahin google nyari info sebanyak mungkin namun itu semua tidak cukup mengingat tempat dan sikon yang berbeda di tiap musim dan negara. Untungnya ada teman orang Belgia yang kebetulan belom lama punya baby saat itu, so berguru lah saya sama dia. Berikut adalah cerita pengalaman dan tips saat pregnant dan masih tetap bekerja.

Awal pregnancy:

Saat saya merasa ada tanda-tanda kehamilan, saya memberitahu suami saya, dan kemudian saya membeli pregnancy test kit. Saya melakukan test dan ditungguin sama suami saya di depan pintu toilet dan setelah itu menunggu beberapa menit untuk melihat dua garis merah pada pergnancy test kit pertanda positif. Saran saya sih, kalau kita telat datang bulan, jangan cepat-cepat update status di FB dan heboh sana-sini, karna kita tidak pernah tau what's happening deep inside there, dan even though hasil test kehamilan positif pun harus tetap diperiksakan ulang di dokter pribadi, yang kemudian akan merujuk ke rumah sakit dan dokter kandungan untuk diketahui benar atau enggaknya kita pregnant dan apakah semuanya baik-baik aja, once again because we never know. Usia kandungan ideal untuk announcement adalah setelah 12 minggu. WHY? karena setelah 12 minggu barulah kepastian semuanya baik-baik aja mencapai 60%, dan sebelum itu resiko untuk keguguran sangat tinggi.
Bagi temen-temen yang masih bekerja, kita bisa segera memberi tahu kehamilan kita kepada pihak HRD sehingga kondisi dan ritme kerja bisa disesuaikan dengan kondisi tubuh kita yang bakalan ngalamin up side down. saya juga saranin jangan cepet-cepet ngabisin jatah liburnya, karna itu bisa dipakai untuk check up sana-sini. dijamin, buanyak banget janji-janji manis yang bakalan kita buat sama si dokter-dokter tercinta saat kita sedang pregnant. Mulai dari janji-janji biasa sampai janji-janji aneh yang gak pernah kita bayangin sebelumnya. Satu hal darurat kalo suami isteri bekerja, dan posisinya ada di Brussels, AYO DAFTARIN KE CHILD CARE SEDINI MUNGKIN. Karena waiting list-nya itu puanjaaaaang buangeeeet. Bisa-bisa baby kita baru bisa keterima dalam 2 tahun kalau gak buru-buru di-daftarin.
Sekian dan terimakasih untuk membaca artikel saya kali ini. Dalam artikel selanjutnya saya akan membahas pengalaman saya dengan persiapan2 lanjutan setelah usia pregnancy mencapai 12 minggu.

Good luck bagi yang sedang mencoba, dan congratulation buat yg sedang pregnant.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar