Rabu, 13 Desember 2017

USIA AKHIR KANDUNGAN DI BELGIA

Hello men-temens...

Pulang kerja tengah malem, tergoda dengan lasagna yg disiapin misua, akhirnya makan lah saya, dan gak bisa langsung tidurlah saya. liat kiri-kanan, misua udah ngorok, my little sweet baby boy sudah terlelap sleep tide di kamarnya, dan tinggallah eike bengong-bengong liatin fb yang isinya sama lagi kayak tadi pagi. Jam segini mana ada yang update status yah? paling insomnia tuh kalo gak setress. Nah, dari pada saya ngelantur melalang buana gak jelas akhirnya saya iseng nulis ini artikel dengan harapan pengalaman saya ini bisa ngebantu temen-temen yang mungkin kebingungan kayak saya dulu dalam usia kandungan menjelang melahirkan. 

Saat kita ke dokter dan memberitahu tanggal terakhir periode (menstrual) kita, dokter akan menghitung usia kandungan kita dan tanggal perkiraan untuk melahirkan. Saya sendiri waktu itu diprediksikan melahirkan tanggal 24 Januari 2017, dan akhirnya melahirkan pada tanggal 22 Januari 2017, dua hari lebih cepet.

Pada akhir kehamilan, kemungkinan jari-jemari membengkak secara tiba-tiba itu sangat besar, apalagi saat musim panas. Saya saranin buat temen-temen yang masih punya cincin yang agak ketat agar segera dilepas. Saya sih waktu itu tidak ada yang kasih tau, makanya cincin kawin tetep melingkar manis di jari manis saya. Ternyata oh ternyata, pengalaman saya itu tidak semanis cincin saya. Di usia akhir kandungan jari saya tiba-tiba membengkak, dan saya tidak bisa melepas cincin saya. Semua cara saya lakukan, mulai dari browsing dari mbah google, liat berbagai video youtube, sampe ngikutin saran temen-temen seperjuangan, tidak ada yang berhasil, dan saya pun pasrah. Mikirnya biarin aja itu cincin tetap melingkar di jari saya, sampai suatu pagi sekitar jam 4 pagi, saya dilarikan ke emergency, saking ketatnya cincin itu dan jari saya membiru. Cincin saya akhirnya dipotong dan dikorbankan demi keselamatan jari saya. :( bisa dibenerin lagi sih, tapi tetep aja sayang. 

Men-temens jangan panic yah soal baju-baju bayi, tapi jangan terlalu santai juga yah, entar kalo udah brojol babynya kan gak mungkin pakein sarung bantal tiap ari. Dulu kita awalnya karna gak tau mau mulai dari mana, kita beli baby box-nya orang Finland ini webnya https://www.finnishbabybox.com/eu/en.  Lumayan sih buat kita-kita yang serba buta gak tau apa pun. Itu ide suami saya, hasil surving di internet setelah dia dadakan diserang panic attack. 

Setelah usia kandungan sekitar 5 bulanan, boleh lah kita intip-intip toko-toko baby. Mulai nyicil deh beberapa pasang body, pyjama, kain-kain untuk ngelap, apron buat bayi, handuk, selimut, dll. Pokoknya yang penting-penting banget deh. Setelah itu, saat usia kehamilan di atas 7 bulan, kemungkinan melahirkan tiba-tiba itu sangat banyak, jadi boleh lah kita panik, siapin aja tas untuk melahirkan. Isi tas-nya akan saya jelasin di artikel berikutnya takut kepanjangan nih artikel dan saya keburu tidur. 

Dulu saat usia kandungan saya memasuki 7 bulan, saya bikin acara, kayak baby shower-baby showeran gitu. Kalau baby shower itu biasanya inisiatif dan surprise dari temen-temen deket and keluarga, ini malah inisiatif saya sendiri, masak sendiri, pesen tumpeng dan nata-nata rumah sendiri.  Wkakak, kasian yah, gak ada yang bikin surprise, jadilah inisiatif bikin baby shower sendiri.  And it was a great moment, dimana temen-temen terdekat saya dan keluarga in laws saya berkumpul konkow-konkow and had a lot of fun. Di hari yang ceria itu dapatlah kita berbagai kado yang isinya baju-baju bayi dan peralatan-peralatan serta mainan-mainan bayi yang lutu-lutu tetali.  Kado-kado tersebut alhamdulilah, sangat berguna saat awal melahirkan dan semuanya dipakai tanpa mubazir. Di acara baby shower, kita sengaja mengumumkan jenis kelamin bayi kami, yang sudah jelas-jelas tanpa diberitau juga udah pasti pada tau, orang dekorasinya biru semua. Kita juga sudah mempersiapkan nama bayi, yang beneran dan yang dummy (ide misua buat ngerjain mertua ku, hahahaha).

Sebelum baby shower diadain, kita sudah mempersiapkan kamar bayi. Suami saya yang lulusan engeneer tapi tidak pernah bertanggung jawab dengan almamaternya tiba-tiba terpaksa pegang drill ngikutin perintah istrinya yang makin galak dan naik turun emosinya kayak roller coaster. Berubahlah itu dressing room dan office jadi kamar bayi yang cute and so sweet dalam dua hari. 

Saat usia akhir kehamilan, berat badan saya ngelunjak naik 24 kg lebih dari berat badan awal. SADIS YAH!!! Kayaknya kalo balapan lari sama kura-kura saya yang kalah, karna saya berasa makin berat dan lambat banget. Saran saya, makan saat hamil itu jangan berlebihan kayak saya dulu. Orang Indonesia sih bilangnya, makan aja, makan aja,  kan makannya buat dua orang: eeehhhh, saya kebablasan makan terus dan alhasil  mata saya berkunang-kunang tiap kali liat timbangan. 

Ya wes, buat temen-temen yang sedang hamil, dan sudah memasuki usia akhir kehamilan, saya berharap semoga semuanya lancar yah. Teteplah berolah raga, makanlah makanan-makanan yang bergizi, (ada vitamin tambahan dari dokter biasanya), hindari asap rokok, no alcohol, ikutin semua saran-saran dokter, dan kalau ada pertanyaan, silahkan ditanyakan di kolom komentar. 

chiaooo for now ;) 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar