Senin, 28 Maret 2016

Mengenal karakter pria Belgia

Hola teman-teman. Terinspirasi dari pertanyaan salah seroang pembaca, saya jadi sibuk mikir sendiri, seperti apa karakter umum pria-pria Belgia. Saya pun mulai mengobservasi suami saya sendiri, teman-temannya, kolega-kolega yang memang asli Belgia, dan juga sedikit bergosip dengan temen-temen sebangsa setanah air Indonesia yang pasangannya orang Belgia. 

Ini sih beberapa kesimpulan yang saya dapet dari hasil observasi dan juga hasil bergosip ria dengan temen-temen (dan diakui kebenarannya oleh suami saya) . 

  • Lengket kayak prangko sama Ibu
Jangan kaget yah, kalo di awal pernikahan, suami anda bentar-bentar nelpon ibunya nanyain ini lah, itu lah, mau beli setrikaan merek apa, kalo sakit mau minum obat apa, dll. Awal-awal sih kayaknya sexy liat suami sayang sama ibunya dan respect, tapi kalo kelewatan, yah..... NYEBELIN. Setuju???

  • Perhitungan sama doku
Kolega-kolega saya yang orang Belgia, (French speaking Side) pada ngaku mereka pada umumnya memang radin alias pelit, tapi ngakunya sih sifat pelitnya itu gak separah orang Prancis. Saya sendiri sih menilainya mereka bukan pelit, tapi suka itung-itungan. Demen banget mereka hitung-hitung sendiri, terus setres sendiri. hehehe.. Suami saya sendiri pelit banget buat dirinya sendiri, tapi kalo untuk beli ini-itu buat saya, dia malah seneng, dompetnya terbuka dengan lebar kalo saya bilang mau ke salon atau mo beli sepatu misalnya. Heran!?

  • Ramah, tapi tertutup (senang bergrup-grupan)
First impression saya untuk orang-orang Belgia, adalah friendly. Tapi itu first impression yah! Setelah ke sini-sini, i learnt that mereka sebenarnya sangat tertutup untuk orang baru. Ini pendapat saya untuk orang Wallonie alias French speaking side-nya yah, saya gak terlalu tau dengan Flamish side nya. Awalnya saya pikir ini akibat kurangnya bahasa Prancis saya. Orang Belgia pada umumnya senang menjalin relasi jangka panjang dengan temen-temen sekolah misalnya. Mereka bergaul dalam sebuah grup yang sudah saling mengenal satu sama lainnya sejak lama, dan tetap hang out dengan grup yang sama sampai mereka kerja, berkeluarga, punya anak, dll. Jadi sepertinya mereka tau history masing-masing. Sudah beberapa kali saya ikut hangout dengan teman-teman suami saya, dan awal-awal saya hang out dengan mereka, saya berasa gak nyaman banget. Pertama kali banget sih pada ramah, tapi 1 atau 2 jam kemudian, saya merasa sendirian walaupun berada dalam grup yang besar. Saya sempat berpikir ini karena masalah bahasa, sampai pada akhirnya suatu hari saya hang out lagi, dan ada seorang temen dari salah seorang yang merupakan bagian dari grup ini ikut hang out. Si temen ini orang Belgia juga yang berbahasa Perancis tapi tidak termasuk bagian dari grup mereka. Setelah 1 atau 2 jam dicuekin ya pasti lah pada akhirnya kabur, menghilang entah ke mana karna mungkin merasa gak nyambung dan gak nyaman.
 

  • Nge-date orang dalam group yang sama
Sudah gak heran lah, kalo sifat mereka sengannya grup grup-an, ya tidak sedikit dari mereka yang akhirnya nge-date temen-temen dalam grup yang sama dan bahkan hingga menikah dan punya anak. Ini hasil obervasi dari kolega-kolega saya, temen-temen segrupnya suami saya, dan bahkan adik ipar saya sendiri saat ini menjalin hubungan dengan temen dari grupnya. Kadang mereka putus, kemudian menjalin hubungan dengan teman yang lain tetep dari grup yang sama, dan masih tetep hang out seperti biasa. Hmm, kayaknya kalo buat orang Indonesia berat kalau harus tetep berhubungan dengan mantan-mantan, tapi buat mereka ya wajar-wajar ajah. 

  • Orang Wallonie lebih santai, Orang Flamish rasist
Ini lagi-lagi saya melihatnya dari perspective orang Wallonie. Kebanyakan dari mereka lebih demen nyantai, hasilnya kebanyakan orang Wallonie tidak bisa berbahasa Belanda, sebaliknya orang Flamish banyak yang bisa berbahasa Perancis, berbahasa Inggris, dll, tapi mereka jadinya rasist. karna dianggapnya orang Wallonie males, kalo ke daerah Flamish mereka gak terlalu mau berbahasa Prancis (katanya).


  • Orangnya seru, suka berpesta
Orang Belgia gak jauh-jauh sifatnya kayak orang Ambon dan Manado. Senengnya pesta-pesta. Kalo di Bali orang asing pada ngeluh: "upacara lagi - upacara lagi", di sini yah gitu: "festival lagi - pesta lagi." Yang pada akhrinya jurusannya: beer lagi beer lagi. Intinya di Belgia itu banyak festival yang pada akhirnya membuat orang Belgia senang menikmati hidup dengan berpesta-pesta. 

  • Menghargai wanita
Pria Belgia sangat menghargai wanita. Buktinya, bukan wanita aja yang harus bekerja di dapur. Saya sering banget dimasakin sama suami, pas liburan, suami saya sering bersih-bersih, dan saat jalan-jalan, saya capek nenteng tas, dia sering bawain tas saya walaupun alhasil dia jadi keliatan gay karna nenteng-nenteng tas cewek. Saya juga sering perhatiin, bapak mertua saya sering bikinin kopi buat ibu mertua saya yang baru bangun tidur, bapak mertua saya sering bersih-bersih rumah, dan kadang dia yang masak, dan tentunya pekerjaan berat seperti berkebun tetap dia kerjain.


  • Open mind
Orang Belgia sangat bersikap terbuka terhadap orang luar. Buktinya, Brussels yang merupakan ibu kota Belgia penduduknya sendiri kebanyakan bukan orang Belgia. Itulah alasannya setelah menikah dengan orang Belgia, urusan Birokrasi jadi diperlancar dan kita diperlakukan selayaknya orang Belgia sendiri. 

Nah, itu lah pandangan saya mengenai karakter umum si pria-pria Belgia. Kalau ada yang tidak setuju, atau ada yang mau menambahkan, ya silahkan ruang comment-nya. 

Jangan lupa, ini hanya karakter general saja, tapi karakter setiap orang itu ya beda-beda spesifiknya.. 

Have a good day :)

23 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Suami saya asalnya dari Ath (daerah wallonie). Leuven banyak orang Indonesia yang saya kenal tuh..

      Salam hangat dari Brussels

      Hapus
  2. Yeps bener bgt mba, si dia malah bilang kalo a girlfriend or wife is a boss hahaha :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak Siti, ini salah satu keuntungan memiliki pasangan pria Belgia. Bukan berarti pria Indonesia tidak ada yang seperti ini yah...??

      Salam hangat dari Brussels

      Hapus
  3. @Enny Frans...Hi mbak Enny Frans. Senang nya aku menemukan blog ini.
    Kelihatannya pria Belgia sedikit perhitungan dari sisi uang. Itu yang saya lihat. Kebetulan saat ini saya sedang menjalin hubungan dengan pria Belgia. Oh yah, mbak Enny, aku invite mbak di Hang Out, mohon berkenan untuk di accept. Karena aku ingin share aja/minta pendapat, mengingat dirimu sudah lebih dahulu menikah dengan pria Belgia . Trims Mbak Enny

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hello mbak Winda. Siaapp. Udah saya accepted di hang out. Let's chat 😉.

      Hapus
  4. Hai kakak enny beberapa bener sih kak, aku pny gebetan (bukan pacar) orang belgia dia tinggal di brugee,, boleh dong kak bagi pengalaman kak,, btw kak apakah pria belgia itu setia walaupun lagi ldran?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hello dear,

      Makasih sudah sempetin baca artikel ku. Menurut aku rata-rata pria Belgia memang setia asalkan sudah komitmen. Aku orangnya curigaan, tapi berasa aman karna suamiku terbukti setia, mudah2an selamanya, amiiinnn.. Bapak mertua ku setia, temen2 suamiku rata2 setia, kita sempat ke Indonesia bareng, dan mereka sempet pergi tanpa pasangannya, dan terbukti setia. Tapi yah, rata-rata bukan berarti semua orang sama yah, kadang emang ada yang karakternya udah seneng selingkuh aja kalo jauh. Good luck yah sama gebetannya ;)

      Hapus
  5. Hai mbak Enny Frans,
    Salam kenal ya
    Setidaknya blog ini sedikit membantu buat aq yg lagi keep contact dgn seseorang di Gent, ,
    Sejauh ini sih enak komunikasi nya, nyambung gitu. Dan yg sangat tepat ada lah mereka suka party!!! Aq tau itu karna dia seorang DJ,, dan mereka membuat even itu dgn serius.(kalo disini agak gimana gitu x yaa stereotype nya kalo festival or party)...
    Dia janji mau berkunjung ke Indo,tapi ga tau kapan.. Hehehhehe
    Doakan saya, biar ngikut jejak mbak enny yahhh.. .
    hihihuhi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hello mbak,

      makasih sudah baca blog saya. Iya, party itu udah biasa di sini. Pekerjaan apa aja di sini itu dihargai. DJ pekerjaannya jarang-jarang loh, biasanya profesional. Good luck untuk relationshipnya ;)

      Hapus
  6. hallo mba Enny Frans, boleh saya berkenalan . Terima kasih

    BalasHapus
  7. Hei mba salam kenal aku vivi aku baru saja berhubungan dgn orang belgia.. Apa bnr dia tdk mempermasalahkan status saya sbgai janda dan apa mrka bisa menerima anak saya dengan baik mba.. Tks ya mba

    BalasHapus
  8. Saya baru kenal dgn cowok bule asal rumania dia tinggl dan kerja d belgia dia rencana mau kirim sesuatu buat saya ke indonesia apakah itu hanya bohong

    BalasHapus
  9. Saya baru kenal dgn cowok bule asal rumania dia tinggl dan kerja d belgia dia rencana mau kirim sesuatu buat saya ke indonesia apakah itu hanya bohong

    BalasHapus
  10. Hi Mbak Enny senangnya bisa baca blog ini jadi bisa tau karakter general cowok Belgia. Baru kenalan sih sama cowok Belgia, semoga aja kedepannya lancar. Mbak boleh minta contact nya buat tanya2 kan mbak yg udah lbh senior xixixi... makasih byk mbak

    BalasHapus
  11. hai mba saya sedang menjalin hubungan dengar pria belgia , saya butuh saran mba nya, saya hub mba dari mn ya ,mohon bantuanya ya mba ,terimakasih
    salam dari Medan,Indonesia .

    BalasHapus
  12. Hallo mbk Enny Fran's,
    Seneng banget baca blog mbk,ini saya kbtulan lg baru punya hubungan Ama org belgia yg baru 10bln pindah ke indo,bener mbk,kalau masalah itung"an,diteliti bener kalo mslh bill,cm yg saya bingung,saat dia sakit tuh agak ngilang gitu,pdhal sweet banget dia,romantis juga,sampe bingung mau ngapain kali dia lagi sakit gini

    BalasHapus
  13. Benar bangatttt kakaknya😊😁

    BalasHapus
  14. Mba punya facebook nda..klo punya apa namanya..sy jg mau tau tentang pria belgia kyk gmn

    BalasHapus
  15. mba, boleh saya berteman di FB atau Instagram seandainya punya .. Saya kepengen ngbrol banyak mba .. Terima kasih

    BalasHapus
  16. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus