Jumat, 18 Maret 2016

Liburan ke Turki dengan masa berlaku passport kurang dari 6 bulan

Bagi temen-temen yang mau berkunjung alias berlibur ke Turki, Visa kunjungan untuk WNI tidak rumit untuk didapatin. Visa dapat diurus dengan datang langsung ke ke kedutaan Turki setempat, secara online, atau bahkan on arrival alias per kedatangan di bandara Turki. Berbeda dengan pemegang passport Eropa yang dapat memperoleh visa selama 3 bulan (90 hari), WNI hanya diberikan jangka waktu visa selama 30 hari.

Saat itu kita berpikir untuk mengurus visa secara online karena lebih praktis, tidak perlu ke kedutaan Turki segala. Yang penting sih masa berlaku pasportnya harus diperhatikan. Nah ini dia masalah saya waktu itu: Masa berlaku passport kurang dari 6 bulan!! ENG ING ENG…..

Saat itu, masa berlaku passport saya setelah tanggal keberangkatang hanya 4 bulan dan 22 hari. Saya dan suami seperti orang kebakaran jenggot, karena saat itu hari libur kami sudah diajukan dan sudah di-OK-in sama tempat kerja kami masing-masing jauh sebelum hari H, tiket sudah dibeli, hotel sudah dibooking, tapi seminggu sebelum berangkat kitanya setres soal persyaratan pengajuan visa.
Saya menelpon ke kedutaan Indonesia di Belgia dan bertanya soal pengurusan passport kilat. Eh, pas ke kedutaan bukan berasa terbantu tapi kok rasanya seperti dikerjain. Bukan salah mereka sih mungkin, tapi ribet abiz deh berurusan sama KBRI sini. Mesin cetak passportnya rusak jadinya gak bisa dibantu. Di website KBRI Belgia saat itu sih tertulis kalau pengurusan Passport hanya memakan 5 hari kerja tapi kenyataanya sangat menyedihkan: 1 bulan bok.
Setres dengan keadaan ini, saya menelpon ke keduataan Turki dan menanyakan soal masa berlaku passport saya kurang dari 6 bulan, dan mereka bilang sih gak bisa. Berpikir nekat aja dan mau ngurus visa on arrival, saya stress lagi setelah lihat banyak kisah di internet tentang orang-orang yang ditendang keluar alias ditolak karena masa berlaku pasportnya kurang dari 6 bulan.
Walaupun berpikiran gak bisa, suami saya mencoba beli visa secara online, dan TARA….. ternyata berhasil membeli visa untuk saya. Usul punya usul, ternyata yang paling terpenting adalah masa berlaku passport harus paling sedikit 3 bulan setelah visa berakhir. Dan untungnya sih visa yang diberikan untuk WNI cuman satu bulan. Jadi ada untungnya juga waktu itu buat saya menjadi WNI. Sementara untuk pemegang passport Eropa masa berlaku passport mereka itu WAJIB, KUDU, dan HARUS paling sedikit 6 bulan setelah tanggal keberangkatan sehingga saat 3 bulan masa berlakunya visa mereka habis passport mereka masih 3 bulan berlaku.

SIngkat cerita, Saya dan suami dapat berlibur dengan tenang setelah bersetres-setres ria.. 
Jadi intinya: bapak2, Ibu2, mbak2, mas2 yang lagi di luar negeri dan mau berlibur ke Turki, masa berlaku passportnya kurang dari 6 bulan, minimum 4 bulan sih masih bisa capcus, tapi lebih penting lagi pesen saya, jangan ditiru perbuatan saya ini, sebaiknya sih diperhatiin yah masa berlaku passportnya kalau sudah kurang dari 6 bulan harus diwanti-wanti dari awal dan segera diperbaharui jadi gak keteteran kalau mau ke mana-mana. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar