Sabtu, 08 Agustus 2015

ketakutan dan kesulitan yang ditemui awal hidup di Belgia

"Masalah dan kesulitan apa aja sih yang bakal dihadapi saat tinggal di Belgia?"

Ini adalah pertanyaan dan rasa ngeri yang berasal dari hati kecil saya sebelum memutuskan berpindah alamat ke Belgia. Jauh dari ortu dan sanak keluarga sih saya udah gak kaget, karna saya udah nomaden kurang lebih 10 tahun terakhir sebelum ke Belgia ;) Tapi mengingat nomaden kali ini bakal jauh banget jaraknya, dan orang-orangnya bakal berbahasa planet lain semua, tentu saja ada rasa ngeri. 

Demi orang yang saya cinta (cieeee, preeettt) saya bertekad tetap untuk ikut dengan dia. Apalagi saat kita berdua sudah yakin akan hubungan kita, dan sudah direstui dari ortu kedua belah pihak, ya tinggal kita aja yang memutuskan.

Ketakutan bukan saja berasal dari saya, tapi timbul juga di benak tunangan saya yakni suami saya saat ini. Karna dia tau Indonesia benar-benar nyaman. Suhu udaranya hangat, orang-orangnya juga hangat suka nyapa dan murah senyum, saya gampang dapat kerja dengan posisi yang baik, saya tidak perlu blajar bahasa lain, dsb, dia takut kalau nantinya saya gak betah dan minta pulang dari Belgia. Kan tiket dia yang beli, lumayan mahal kalo minta pulang lagi rugi dong dia gak jadi nikah, lol.

Anyway, tidak ada salahnya punya rasa takut, karna kesulitan-kesulitan itu, INDEED, ADA! Kesulitan-kesulitan yang saya temui bukan kesulitan-kesulitan besar memang, tapi justru kecil-kecil itu tapi kalo dikumpulin semua banyak juga, and lumayan reseh. 

Awal saya datang ke Belgia kami tinggal seatap bersama mertua yakni ortu dari suami saya. Sebenarnya tidak ada masalah sama mertua. Mereka sih selalu support dan selalu bersikap positif. Mereka sangat menghargai saya, dan saya belajar banyak dari mereka. Tapi kadang namanya couple kan kita ada brantemnya, dan kedua mertua saya juga sama, walaupun orang tua mereka kan juga couple. Rasanya dingin aja kalo salah satu pasangan lagi konflik. entah itu saya dan suami atau kedua ortunya. Yang resehnya tuh, makan harus sama-sama. Kadang namanya lagi brantem, makan udah gak nafsu, apalagi liat orang yang lagi musuhan di depan makanan, yang ada rasanya pengen banting piring bukannya pengen makan. Yang disajiin kentang pula dan sayur-sayur aneh ditambah daging segede bagong gak benern-bener mateng pula bikin kita kenyang duluan, kebayang kan rasanya? kalo ada nasi uduk dan ayam lalapan sama sambal yang lezat sih mungkin ceritanya beda lagi nih.

Kesulitan komunikasi. Ini juga kesulitan yang sangat terasa khususnya saat awal. Saya dan suami saat ini sudah mulai berkomunikasi dengan Bahasa Prancis walaupun sebagian besar berbahasa Inggris, karna saya orangnya emosian saat diajarin, dan dia orangnya juga gak sabaran. Dia ngomong bahasa prancisnya kadang kayak kreta api, sementara nih ibu kura-kura satu ini udah lamban pake acara nyasar and emosian pula, makanya gak bisa terkejar kalo dia ngobrol atau ngajarin bahasa Prancis full time ke saya. Kesulitan komunikasi ini tentu bukan hanya dengan suami, tapi dengan semua orang di sekeliling kita. Dengan orang tuanya, dengan teman-temannya, keluarga, dan pada akhirnya tanpa suami saya kadang berasa bener-bener kesepian. Untungnya sih di Belgia ini hampir semua rumah ada Wi-fi-nya. Jadi kalau di rumah ya saya kebanyakan autis di depan laptop. Alesannya sih blajar bahasa prancis, padahal blajar bahasa prancisnya 20 menit, Facebook-an sama main game-nya 6 jam, hahahaha. Saya dan kedua mertua saya slalu berlomba-lomba nyari google translate pas ketemu. Bapaknya sih bisa bahasa Inggris. Yang lucunya, kadang dia ngomong bahasa Prancis saya gak ngerti, ditranslate ke bahasa Inggris, saya gak ngerti juga, pas ditranslate lagi ke Bahasa Indonesia lebih ngaco lagi artinya yang dikasih google trasnlate. Kadang saya iya-iyain aja biar kasus ditutup. Pas suami pulang kerja baru deh saya bahas 4 mata dengan dia.

Namanya saya baru, sama semua orang saya berasa harus terus tepe-tepe gitu.. Sekali dua kali sih gak apa-apa, tapi lama-lama, jujur aja, ketemu dan dikenalin sama orang baru terus muak juga. Alhasil, saya ingat sih muka-mukanya, tapi namanya enggak. kalo sama kayak di Bali sih enak yah, ketemu Putu lagi, Komang lagi, Ketut lagi, etc.

Ada lagi kesulitan lain, yaitu fashion. Di Belgia ada 4 musim, jadi fashionnya pun berbeda. saya punya kesulitan untuk memadu padankan pakaian pada musim dingin. Kesulitan yang saya alami juga karna baju saya kan kebanyakan dari Indoensia. Jadi pasti dong kesulitan pada awal-awal tiba di musim dingin. Harus ngeluarin banyak uang buat beli baju musim dingin. Jaket yang saya bawa dari Indonesia 5 lapis pun masih tembus dingin. Kadang dengan keterbatasan baju, stocking, jaket, cara berpakaian saya jadi rada-rada mirip badut dunia fantasi gitu. Gak ada yang brani komentar aja.

Beda bahasa, beda budaya, beda pengertian kadang buat saya dan suami ribut. Emang ributnya gak kayak angin ribut, tapi saking bete-nya saya sempet ancem angkat kopor segala. Percaya apa enggak, saya bukan orang pertama yang ngancem suami dengan siapin koper, semua wanita Indonesia yang saya temui di sini pernah ngasih ancaman yang sama ke pasangan mereka. Jadi, kalau anda termasuk dalam kategori wanita Indonesia, dan berencana ingin tinggal di Belgia, siapin ngalamin hal yang sama yah, gak ada yang ngajarin, itu otomatis kok.

Kalo ada masalah, kadang juga saya home-sick gak jelas, pengen pulang, tapi pengen pulangnya bukan ke rumah ortu, tapi ke kost-kostan saat jaman kuliah dulu di Bogor, aneh kan? trus ngebayangin makan ini lah, itu lah, bakso di abang ini lah, warung ibu ini, sate di abang-abang lewat lah,etc.

Semua masalah itu hanyalah masalah-masalah kecil yang saya alami. Masih banyak lagi masalah-masalah lain yang tidak dapat saya ungkapkan satu per satu. Tapi intinya, jangan khawatir dan menunda kedatangan anda ke Belgia hanya karena rasa takut. Semua masalah itu ada jalan keluarnya kok, dan waktu juga jadi jawaban untuk masalah-masalah tersebut. Sekali lagi bagi yang mau menikah dan akan berpindah ke Belgia, kenali dulu pasangan anda baru putuskan tinggal di sini, itu intinya.

Have a good day ;)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar