Minggu, 19 Juli 2015

Puasa dan Lebaran di Belgia

Setelah 1 bulan ramadhan, akhirnya datang juga lebaran Idul Fitri, YAY!!!

Seneng banged bisa bermaaf-maafan, saling bersilaturahmi dengan para sahabat, kerabat dan keluarga, sambil ditemani oleh ketupat dan opor ayam, hmmmmmmmm...... Ngebayangin, n ngarep nih ceritanya.. Itu yang terjadi di Indonesia yah, bukan di sini.. :(

Saya sendiri bukan seorang muslim, tapi kadang kangen juga suasana bulan puasa  dan Lebaran di Indonesia. Kangen dengan jajanan-jajanan khas dan suasana unik selagi bulan puasa, dan semua masakan ciri khas yang berlimpah di mana-mana saat lebaran.

Di tempat kerja saya saat ini di Belgia ada beberapa pegawai muslim yang walaupun berat, tetap menjalankan ibadah puasa. Saya kagum sama ketaatan mereka menjalankan ibadahnya :)

Berbeda dengan Indonesia yang lokasinya tidak jauh dari khatulistiwa, sehingga waktu terbit dan terbenamnya matahari kurang lebih sama setiap hari, menjalankan ibadah puasa di sini jauh lebih panjang. Memang karna kebetulan waktu puasanya jatuh pada musim panas, yang membuat siang menjadi lebih panjang dari pada malam. Matahari terbit lebih pagi, dan terbenam sekitar jam 10 malam. Kebayang kan, beratnya. kalau cuacanya tidak begitu panas sih gak apa-apa, tapi kalo panas terik dan puasanya bener-bener panjang..? Lebih berat lagi buat rekan-rekan kerja saya yang pekerjaanya berhadapan dengan makanan, jadinya tergiur deh dengan segala jenis makanan dan minuman.

Anyway, gimana yah rasanya Idul Fitri atau lebaran di Belgia? Jawabannya: aneh.
Suasana yang ramai, terdengar lantunan doa dari Masjid, hampir tidak terdengar di sini. Belgia sendiri memiliki banyak penganut Muslim di Ibu kotanya, yaitu kebanyakan orang yang berasal dari Turki, Maroko dll, dan bahkan tempat tinggal saya dikelilingi oleh mayoritas keturunan Turki. Tapi lebaran seprti tidak terjadi apa-apa :(

Jadi intinya, suasana yang biasanya kita lihat di Indonesiat tidak ada di sini. Mungkin ada di kantor Kedutaan Indonesia di Belgia. Saya sendiri belum pernah berkunjung di kedutaan saat hari lebaran.
Jadi ya itu, suasana di sekitar kita biasa aja. Beberapa teman muslim saya merayakannya bersama keluarga kecil mereka, dan saya tidak tau banyak apa aja yang mereka lakukan dan bagaimana mereka merayakan Lebaran.

Anyway, Selamat hari Lebaran, Mohon maaf lahir dan Batin.. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar