Kamis, 09 Juli 2015

Kerja di Brussels

Seperti halnya di ibu kota- ibu kota lainnya, mencari kerja di Brussels bukanlah hal mudah. 

Setelah mengirim puluhan surat lamaran dan CV ke berbagai perusahaan, saya menerima total 4 panggilan interview dari perusahaan yang berbeda. Jangan bayangkan 4 panggilan interview tersebut dalam jangka waktu yang berdekatan yah. Itu semua dalam jangka waktu lebih dari 6 bulan. 


1) Interview pertama saya dengan toko daging. Pemilik tokonya berasal dari Ireland jadi otomatis bahasa yang diperlukan adalah bahasa Inggris dengan aksen yang susah dicerna oleh otak saya. Setelah interview, saya diberi kesempatan untuk masa percobaan 3 hari. karna kita bekerja di toko daging, yah, pulang kerja baunya udah macem-macem. 3 hari kerja yang benar-benar melelahkan. Tapi untuk ketiga hari tersebut, semuanya dibayar oleh perusahaan. Setelah masa percobaan berakhir, mereka berjanji untuk memberi kabar dalam waktu 2 minggu. Setelah 2 minggu berlalu saya pun menelpon untuk menanyakan kabar, dan sayangnya mereka menjawab bahwa saya tidak diterima bekerja di sana. 

2) Sebulan kemudian, saya menerima panggilan interview dari sebuah restoran. Setelah 5 menit interview, karena keterbatasan bahasa Prancis, mereka berkata: NO!! straight in my face. 

Sambil terus mencoba, saya pun akhirnya mengisi waktu luang saya untuk meneruskan kursus bahasa Prancis.

3) Setelah kurang lebih 4 bulan mengikuti kursus, saya menerima panggilan interview dari sebuah toko coklat, dan hasilnya mereka memberi kesempatan untuk percobaan. Seperti apa percobaannya? Saya diberikan kesempatan 2 jam, disuruh ke toko langsung, berkenalan dengan semua pegawai yang ada, kemudia mereka memberikan informasi secara global tentang produk2 yang dijual, setelah itu langsung deh coba mulai berinteraksi dengan customer. Selang beberapa waktu, pihak perusahaan dengan sengaja mengirim secret customer untuk mengetest saya. 2 jam berlalu, si Manager pun memberi tau bahwa waktu percobaan sudah berakhir, jadi saya bisa langsung capcus kapan pun saya mau. 

Dag-dig-dug, pagi hari saya langsung menelfon bagian HRD menanyakan bagaimana hasil percobaan saya, dan ternyata mereka happy dengan cara saya berinteraksi dengan customer, dan sayapun diberikan kesempatan untuk bekerja masa percobaan selama 3 minggu, dan kemudian setelah 3 minggu saya ditawarkan kerja tetap. Sayangnya setelah 3 minggu tersebut saya akan segera berlibur ke Indonesia dan tiket pulang pergi sudah dibeli untuk perjalanan satu bulan. Saya pun berterus terang tentang keberangkatan saya ke Indonesia, pihak perusahaan pun mengerti dan mereka menawarkan saya untuk kembali bekerja sepulangnya berlibur dan bisa menandatangani kontrak kerja tetap bersama perusahaan.


4) Selang dua minggu percobaan di toko coklat, saya menerima panggilan kerja dari sebuah hotel, tapi saya kemudian berterus terang bahwa saya sedang bekerja masa percobaan untuk sebuah toko. Saya disuruh memilih, dan karena saya tau bahwa toko coklat tersebut akan menerima saya bekerja kembali, saya memilih untuk tidak menerima tawaran kerja dari hotel.


Sampai skarang saya sangat senang bisa bekerja di toko coklat, di Grand place (square) dimana merupakan pusat dari Brussels, Pusat dari Belgia, dan Ibu kota Uni-Eropa :)

Kalau main ke Brussels, jangan lupa ya mengunjungi toko coklat tempa saya bekerja, saya senang banget bisa ketemu orang-orang Indonesia dan berbahasa Indonesia sepuasnya. 

38 komentar:

  1. Halo Mbak Enny, salam kenal...kalau boleh tau Mbak Enny kerja di toko apa ya namanya? Saya cukup sering ke Brussels, karena skrg saya tinggal di Breda, Belanda dan pacar saya orang Belgia...senang loh kalo bisa berkenalan dengan orang Indonesia di Belgia...

    BalasHapus
  2. Halo Mbak Enny, salam kenal...kalau boleh tau Mbak Enny kerja di toko apa ya namanya? Saya cukup sering ke Brussels, karena skrg saya tinggal di Breda, Belanda dan pacar saya orang Belgia...senang loh kalo bisa berkenalan dengan orang Indonesia di Belgia...

    BalasHapus
  3. Di Toko Bruyerre.. iya, silahkan mampir, bulan September nanti juga manager saya bakal orang Indonesia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya sekarang kerja di jepang ..tapi saya ingin bekerja di belgia.tolong bantu kasih saran dan info

      Hapus
    2. saya sekarag bekerja di jepang..tapi aya ingin bekerja i belgia..tolong info dan saran

      Hapus
    3. Halo @hari harigetner, pertama-tama terimakasih buat pertanyaannya. Soal informasi kerja bisa coba di- browsing sendiri. Apakah sudah pernah berkunjung ke Belgia? Untuk bisa kerja di Belgia itu tergantung dari keahlian dan peluang yg ada di sini. Selanjutnya adalah soal bahasa untuk berkomunikasi.setelah bahasa, soal visa yg harus diproses. Untuk visa kerja harus menghubungi kedutaan Belgia di Jakarta atau di Jepang.

      Hapus
  4. Salam kenal Enny, senang membaca postingan2nya. Kebetulan aku juga orang Ambon (suku makan suku hihihi) yang lagi cari2 info bgm menikah di belgia. Pacarku orang belgia dan aku sdh pernah ke sana mengunjungi keluarganya. Memang aku punya beberapa saudara yang menikah dengan orang belanda dan aku tahu prosedurnya, tapi benar2 senang banget bisa baca cerita2 dan pengalaman2mu, karena pengalaman dan prosedur menikahi orang belgia pasti sedikit berbeda dgn org belanda. Makasih ya....aku jadi tambah semangat nih tuk melangkah maju. Sukses selalu Enny dalam pekerjaan dan segala hal. Semoga kita bisa ketemu suatu saat nanti :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih, iya kabar-kabarin yah kalau ada rencana ke Belgia :)

      Hapus
  5. Hi enny seronok membaca penulisan mu, aku dr malaysia. Mencari peluang kerja di sana. Mau ubah angin. Bosan keep doing same thing everyday. Can u help me the way to visit belgia. Mekasih enny ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Chandwarisandunia, mau bantu dalam bentuk apa? informasi, atau apa? tolong diberi penjelasan lebih detail." The way to visit Belgia", kalau untuk orang Malaysia, saya tidak terlalu paham soal visa dari Malaysia. Dan masalah kerjaan di sini juga agak susah sekarang ini akibat ancaman teoris lalu. .

      Have a good day.

      Hapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Lucky Ispanti,

      Kalau saya dulu sih, setelah menikah, saya menerima orange card (ID sementara) Saat kita menerima orange card itu kita sudah diperbolehkan mencari pekerjaan. Setau saya sebelum menikah sih belom bisa nyari kerja.

      Hapus
    2. mba enny, butuh berapa lama dari sejka menikah dapat orange card ? thanks

      Hapus
    3. Below were my experience:
      * To get an Orange Card:
      1. I Applied in the commune on 24th February 2014 by gave copy of passport, and wedding certificate,
      2. Police came to do the check and interrogation on 1st of March
      3. 12th of March we received the letter from commune to make another appointment with an officer in commune and to bring the 2x passport photos.
      4. 13 of March we meet the officer that we called to made appointment with, there she gave me a letter for other inquirement to apply for the Belgium ID, then we went to the queue of the ID department to make the ID
      4. 15 of March we picked up the orange ID card.
      The orange ID card valid for 6 months so it was expired on 14 September 2014. I could start using that card to looking for job because i am married to a Belgian. I cannot go out of Belgium with that card.


      *to get Belgium ID card:
      need to bring some documents within the 3 months since the orange ID card issued, at least at 14 June 2014.
      The documents required are as below:
      1. The proof of mutuelle of Belgique (insurance) : for me
      2. last 3 months salary proof : from my husband
      3. Working contract letter from company : from my husband
      4. The proof of residence (could be proof of apartment payment or copy certificate of house)

      The Belgium ID card that will be given is with the sign F (for foreigner) and will be valid for 5 years.

      After give all the documents to the commune, they made the decision on 14 of September and let us know if i could get my Belgium ID.

      Hapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Lucky Ispanti,
      Untuk bahasa sih yang murah ada, tapi saya sendiri gak pernah dapet yang gratis. Yang gratisan paling via Internet. Sementara aku sendiri gak pernah dpat klas untuk khusus pengenalan budaya.

      Untuk baju2 winter sih mendingan beli di sini langsung. Karna di Indonesia kan paling pakaian yang buat musim hujan, bukan musim dingin. Biasanya tiap bulan Juli dan bulan January tuh musim discount, jadi bisa dimanfaatin buat blanja.

      Hapus
    2. Hi Lucky Ispanti,
      Untuk bahasa sih yang murah ada, tapi saya sendiri gak pernah dapet yang gratis. Yang gratisan paling via Internet. Sementara aku sendiri gak pernah dpat klas untuk khusus pengenalan budaya.

      Untuk baju2 winter sih mendingan beli di sini langsung. Karna di Indonesia kan paling pakaian yang buat musim hujan, bukan musim dingin. Biasanya tiap bulan Juli dan bulan January tuh musim discount, jadi bisa dimanfaatin buat blanja.

      Hapus
  8. halo kak dulu belajar bahasa perancis nya dimana? terus bisa ga sih urus visa kerja lgsg di belgia? skrg aku baru punya visa Schengen 90 hari.. tolong di balas ya kak.. thankyou so much

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hello Rachel, sorry banget telat bales commentnya. Kalo visa kerja itu bisa aja diurus di sini, tapi tergantung kalau ada perusahaan yang mau sponsorin kamu. Kalau kamu menikah di sini, otomatis kamu akan dapat Orange ID setelah menikah dan dengan Orange ID tsb kamu sudah bisa cari pekerjaan

      Hapus
  9. Halo mbak leny... Salam kenal ya... Saya sedang menyelesaikan tugas akhir S1 nih... Pengen banget habis kuliah kerja di belgia... Apa aja deh yang penting cari pengalaman dulu... Cuman kendala ada di bahasa prancis yang belum pernah saya pelajari... Mohon info dong cara apply kerja di sana plus dokumen2 yang harus dipersiapkan... Sama minta tolong kasi saran... Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hello mbak, atau mas.. salam kenal. Ini mau kerjanya di bidang apa?

      Hapus
  10. Halo mbak enny... Salam kenal ya... Saya butuh informasi nih kerjaan di belgia... Mohon informasi tentang cara apply plus dokumen2 yang harus dipersiapkan... Terus juga saran dong karena saya belum pernah belajar bahasa prancis... Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mas, atau mbak Labib, terimakasih komentarnya. BTW mau kerja di bidang apa? kalau mau kerja itu harus pakai visa kerja. informasi selengkapnya bisa ditanyakan langsung ke kedutaan Belgia di Jakarta. Good luck.

      Salam,

      Enny

      Hapus
  11. Halo mba eni saya Edah dari indonesia pacar saya orang belgia ka .. Pacar saya masih bingung untuk pernikahan belgia indo ka gimana ya ka cara meyakinkan dia apa lagi saat dia bilang kalo saya tinggal di belgia saya gk bisa cari kerja saya kan jadi bingung mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mbak Endah. trimakasih sudah membaca blog saya. Wajar memang kalau pacarnya mbak Endah agak khawatir kalau mbak Endah nantinya akan susah mendapatkan pekerjaan di Belgia. Semua itu kembali ke mbak Endah lagi. Mau gak ambil resiko kemungkinan tidak dapat bekerja selama beberapa bulan atau bahkan beberapa tahun? kalau mbak memang yakin, dan sudah punya tekad untuk menerima semua resiko dan kemungkinan besar mbak tidak bisa bekerja untuk sementara ya gak apa-apa. Memang pindah ke Belgia itu tidak segampang yg kita pikirkan. Kita akan menghadapi masalah bahasa, sosial, dsb. Good luck yah mbak.

      Hapus
  12. Mba mu nanya dong. Apa mbak ini lulusan universitas sana? Btw lulusan apa? Saya ingin punya gambaran kaya apa persyaratan kerja di sana. Makasih banyak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hello mbak/mas.

      Saya lulusan di Indonesia. Lulusan sastra Jepang. Kalalu mau kerja di sini ya minimal bahasa Inggrisnya harus bagus sih, dan setelah itu harus punya skill yang lain.

      Hapus
    2. halo ka enny, kak mau tanya dong kalo untuk pekerjaan di bidang teknik gitu disana gimana ya ka? sama gaji disna dgn rata rata kebutuhan sehari hari apakah bisa dijamin lebih gajinya kak?, dgn perbandingan gaji di indo mba ehehe. btw saya masi kuliah teknik elektro di jogja mba semester 4. makasih mba Gbu :))

      Hapus
  13. Selamat malam mba, saya Ronald.
    Mau tanya mba, kalau mau melamar kerja disana apa mesti buat visa kerja dulu atau buat visa kerja nya pas sudah ada yg mau menerima untuk bekerja disana?
    Dan kalo boleh tau websitenya tuk info loker disana tuh apa adja ya?
    Saya lulusan perhotelan bagian kitchen, sekarang lagi kerja dikapal dan kebetulan pacar saya di Antwerp suggest tuk cari kerja di sana.
    Mohon pencerahannya mba tuk proses kesananya. Thank you 🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat pagi dari Belgia mas Ronald,

      kalau mau melamar kerja di sini agak susah kalau dari luar langsung kalo menurut saya. Pengurusan visa kerja kan berarti sudah ada perusahaan yang mau meng-hire. kalau sudah resident sini sih agak lebih gampang untuk cari kerja. Mungkin lebih bagus mas Ronald-nya coba menghubungi kedutaan Belgia di Jakarta. Mereka lumayan supportive dan membantu. Setahu saya, employer punya tanggung jawab khusus kalau dia mau mempekerjakan foreigner. Terus masalah bahasa mas Ronald-nya bagaimana?

      Hapus
    2. Oh iya, untuk cari kerja dulu saya pakai website resmi dari pencari pekerjaan : Actiris. http://www.actiris.be/ce/tabid/93/language/fr-BE/Offres-d-emploi.aspx (ini yang berbaha Prancis) mas bisa bergabung juga dengan facebook account-nya KBRI Brussel atau group2 Indonesia di Belgia lewat facebook. Biasanya banyak informasi yang bisa di-dapat. Good luck yah.

      Hapus
    3. Halo mba, terima kasih buat balesannya.

      Sekarang lagi ikut kursus bahasa belanda mba.
      Sy juga udh ngirim2 CV by email ke bbrp patisserie vakantie yg buka, udh sempet ditelpon juga tapi yg jadi masalah karna sya belum stay disana mba, jadi mereka belum bisa bantu untuk work permitnya :(

      Hapus
    4. Aku jadi bingung lagi dimana nyari hotel atau resto yg bisa bantu ttg working permit disana :(

      Hapus
  14. Hallo mbak.. saya dapat tawaran dari tetangga saya yg punya relasi dengan pabrik coklat di belgia..saya lulusan d3teknik mesin,menurut mbak peluang kerja di pabrik coklat tersebut besar atau kecil ya? Terimakasih..

    BalasHapus
  15. Hello mbak, kalau peluang kerja sih ada aja, yang terpenting sih keahlian, sama soal bahasa juga mbak.

    BalasHapus
  16. hii mb...bs ceritain g gimana awalnya mb bisa sampai ke belgia hingga akhirny dapat kerja di sana...
    salam kenak Nadya

    BalasHapus
  17. Kak Ada lowongan kerja enggak, saya pengen kerja Di belgia kak, Mohon infonya kak

    BalasHapus