Jumat, 20 Maret 2015

Tips Berkunjung ke Brussels

Kalau ada yang berencana datang ke Brussels untuk jalan-jalan, pasti deh bertanya-tanya: di Burssels ada apa aja yah?

Brussels merupakan ibu kota Belgia, dan merupakan center of Europe, makanya Brussels dijadikan ibukota Uni-Eropa.

Menurut saya, Brussels lumayan menarik untuk jadi tempat perhentian untuk jalan-jalan. Pusat kota yang kecil memungkinkan kita untuk berkunjung dalam waktu sehari. Transportasi umum juga gak mahal.

Anyway, Ini dia aktivitas yang saya sarankan bila anda ke Brussels:

  • Grand Place
Grand Place adalah pusat kota, mungkin lebih tepatnya square. Arsitektur dari bangunan yang mengelilingin square ini benar-benar indah dan mengagumkan. Grand Place menurut saya sangat indah pada siang hari, dan pada malam haripun tidak kalah dengan pencahayaan yang menarik.

  • Mengunjungi Mannekenpis: 
Ini dia patung unik yang sering bikin orang terkaget-kaget. Biasanya orang pada exciting untuk lihat patung ini, tapi setelah tiba di lokasi, semua orang pasti punya impression: "What the heck"... Bukan karna bentuknya, tapi karna ukuran mini si Mannekenpis. Tapi ya lebih baik pernah lihat patung ini dari pada enggak sama sekali karna di mana-mana orang membicarakan patung ini. Walaupun kecil, patung ini dikunjungi ribuan orang setiap hari loh. Patung Mannekenpis ini terkenal karena legenda dibalik patung ini. Konon katanya si Bocah mannekenpis ini menyelamatkan kota dengan pipisnya (hehehehe, lucu juga yah???)


  • Makan Waffle
Di Belgia, salah satu jajanan yang menjadi ciri khas adalah waffle. Ada yang nature, ada yang pakai buah dan krim, ada yang pakai ice-cream, dsb. Waffle tidak susah didapatkan. Saat jalan-jalan di pusat kota, anda bisa menemukannya di toko-toko khusus. Belgium Waffle agak berbeda dengan Waffle dari Holand. Di Belgia Waffle-nya lebih tebal dan teksturnya jadi mirip kayak cake. 

  • Belgium Chocolate dan teman2nya
Menurut orang Belgia, Belgian chocolate is the best in the world... Menurut anda bagaimana? Cobain dulu deh baru kasi comment. Belgia terkenal dengan Praline-chocolate. Praline itu apa yah? Praline itu campuran, hazelnut dan gula yang dijadikan pasta. Praline-chocolate sendiri ada banyak macamnya. Intinya, pralinne coklat itu luarnya coklat dan dalamnya praline paste. Ada juga yang namanya Marspain: yang dibuat dari adonan almond, lumayan enak juga lho. Terus, jangan lupa juga cobain yang namanya Macaron. Macaron itu tekstur-nya antara cake dan cookies. Biasanya Macaron disediakan dengan berbagai rasa dan warna. Hmmmmm, jadi laper pagi-pagi ngomongin makanan. 

  • Beeeerrrr.... 
Bagi anda yang bisa atau boleh minum alkohol, cobain deh bir di Belgia. Bagi yang gak suka sama rasanya bir, jangan khawatir, karna di Belgia ada bir dengan berbagai macam rasa: coklat, vanila, berbagai macam buah-buahan, dll. Coba aja kunjungin cafe Delirium. Salah satu cafe yang menjual ribuan beer dari dalam dan luar negeri (good news is: Bir Bintang juga ada lho di sana). Belgia sendiri gosipnya memiliki lebih dari 1000 jenis atau merek bir. Aneh yah, penduduk belgia aja kalah dari jumlah penduduk Jakarta, gimana ceritanya tuh? Ada salah satu beer yang paling terkenal di Belgia dan beberapa kali menjadi pemenang the best beer in the world. "Westvleteren" Beer ini tidak gampang didapat karna diproduksi oleh para biarawan Katolik dengan jumlah yang terbatas setiap tahun. Jumlah alkohol dari bir ini lumayan tinggi, yaitu 8% dan 12%. Selain Westvleteren, ada juga beberapa beer trapist, yaitu beer yang diproduksi oleh para biarawan yang bisa didapatkan dengan lebih mudah karena quantity produksi-nya lebih tinggi. 


  • Atomium, 
Saya sendiri belum pernah masuk ke dalam bangunan Atomium. Cuman mengunjungi dan berjalan2 di sekitar atomium sih udah beberapa kali. Atomium adalah bangunan artistic, dengan beberapa bulatan  metal dimana didalamnya merupakan ruangan yang bisa diakses untuk menikmati pemandangan panoramic. Atomium ini Bisa dibilang menara Eivel-nya orang Belgia deh, ketinggiannya mencapai 102 meter dan setiap bola raksasa terbuat dari stainless still dengan diameter 18meter. Di sekitar Atomium ada banyak taman yang bisa dijadikan tempat jalan-jalan.


  • Mini Europe
Tidak jauh dari Atomium, ada juga mini Europe. Kalo gak sempat keliling Europe, silahkan langsung ke mini Europe. Semua bangunan yang ditiru benar-benar dihargai ukuran perbandingannya, dan detail-detailnya.


Itu beberapa suggestion saya untuk activity dan tempat2 yang menarik untuk dikunjungin. Semoga bermanfaat, selamat jalan2 bagi yang berkunjung di Belgia.












3 komentar:

  1. Terimakasih infonya..jelas dan tepat sasaran. Salam kenal kakak:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih kembali untuk commentnya.. Salam kenal Fitri Ananda ;)

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus