Sabtu, 02 Januari 2016

Natalan di Belgia

Sebelumnya saya ingin mengucapkan selamat hari Natal bagi temen-temen pembaca yang merayakannya. 

Pernah gak sih di benak teman-teman sekalian bertanya-tanya, gimana yah merasakan hari Natal di Belgia. Bagi temen-temen yang ingin ke Belgia saya kasih bocoran sedikit yah mengenai suasana Natalan di sini berdasarkan pengalaman saya. 

Menurut saya, Natal adalah saat dimana kota ini diubah menjadi kota yang gemerlap, sangat indah dengan semua lampu-lampu, pencahayaan, dan dekorasi-dekorasi unik. 


Di Grand Place / Grotte market atau Centrum di Brussels, ada pertunjukan yang sangat menarik (light show).


Saya tidak ingin mentautkan videonya, karna menurut saya akan jauh lebih indah jika kita melihatnya secara langsung, bukan dari Youtube atau video streaming. Kalau anda berencana datang ke Belgia, jangan sampai ketinggalan deh liat light show ini. Biasanya dimulai pada bulan Desember dan berakhir pada awal bulan Januari. 

Saat kita memasuki bulan Desember setiap kota di Belgia menyulap beberapa bagian dari pusat kota menjadi Christmas market. Christmas market ini biasanya berupa kiosk-kiosk yang menjual berbagai makanan khas Natal dan minuman-minuman penghangat badan. Bukan hanya makanan, mulai dari ornament-ornament Natal sampai pakaian juga dijual di sini. 





Cougnolle roti yang hanya bisa ditemukan pada musim Natal
dapat dibeli di Christmas market. 


Natal bukan lagi merupakan hal keagamaan, namun bisa dibilang lebih menjadi bagian dari kebudayaan di negara ini. Penduduk asli Belgia merupakan pemegang kepercayaan Katolik, tetapi agama bukanlah hal yang terpenting bagi warga di sini. 

Tanggal 24 Desember atau malam Natal merupakan saat dimana warga Belgia berkumpul dengan keluarga mereka dan mengadakan makan malam bersama. Kebiasaan yang mungkin agak aneh bagi budaya kita adalah mereka saling memberikan kado satu ke lainnya dan saat menerima kado, langsung dibuka di depan semua anggota keluarga yang hadir. Suka atau enggak sama kadonya, yah jadinya harus tetep sok bahagia gitu supaya pemberinya gak kecewa, hehehe...

Walaupun acara makan dan minumnya lagi seru-serunya, kita tetap memperhatikan waktu. Tepat pada pukul 12, langsung deh semua pada heboh-hebohan ngucapin selamat Natal. Saling berpelukan, saling cipika-cipiki, dan tentunya langsung menelpon atau meng-sms anggota keluarga yang tidak dapat hadir. 

Sekali lagi, walaupun sudah agak telat, selamat hari Natal :)





4 komentar:

  1. Tinggal di belgia juga ya? Saya juga tinggal di belgia

    BalasHapus
  2. Wah seru ya... Apa mba Enny merayakan Natal juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hello there, Iya saya merayakan Natal, Tahun baru, Lebaran, Imlek, dan semua hari-hari raya yang menyenangkan. ;)

      Hapus