Senin, 07 September 2015

Coklat Belgia

Karna saya saat ini bekerja di salah satu toko coklat ternama, tidak ada salahnya saya menulis sedikit mengenai Belgian Chocolate. Ini adalah beberapa istilah coklat di Belgia yang mungkin akan sering anda temui jika anda berkunjung ke Belgia.

Praline:
Awal saya dibawakan sekotak Belgian Chocolate yang namanya Praline saya pikir Praline itu merek coklat ternama di Belgia. Mungkin banyak teman-teman yang sering mendengar kata Praline dan berpikir sama seperti saya dulu. OKE, informasi pertama: chocolate praline itu bukan merek coklat, tapi merupakan ciri khas Coklat Belgia.

Jadi praline itu apa sih?
Menjawab pertanyaan tersebut: Praline itu sendiri adalah campuran antara hazel-nut dan gula yang digiling halus bersamaan sehingga terbentuk pasta. Nah pasta ini-lah yang sebenarnya disebut Praline. Pasta tersebut kemudian menjadi isi dari beragam coklat sehingga disebut chocolate praline. Jadiiii..., coklat Belgia klasik dan otentik yaitu white, dark atau milk chocolate yang didalamnya berisi pasta praline itu sendiri. Orang Belgia sendiri tidak semua loh mengerti praline itu apa, karna saya bekerja di toko coklat, dan menerima banyak sekali informasi tentang coklat, makanya saya jadi tau dan bisa memberikan informasi kepada anda.


Marsipan:
Selain Praline, anda juga akan menemui yang namanya Marsipan. Sama seperti Praline, Marsipan merupakan pasta yang dijadikan isian coklat. Bedanya, yaitu Praline terbuat dari hazelnut dan gula, sementara marsipan terbuat dari kacang almond dan gula. 

Ganache:
Ganache adalah isian coklat juga, terbuat dari bahan dasar krim dan coklat, dan kadang dicampur dengan bahan lainnya, seperti contohnya orange.

Gianduja:
Gianduja merupakan pasta praline yang dicampur rata dengan coklat (bisa berupa white, dark atau milk chocolate), dan kadang dicampur dengan rasa lain.




Ada banyak sekali toko-toko coklat tradisional di Belgia yang menyediakan coklat-coklat dengan isian-isian yang saya sebutkan di atas. Namun, beragam toko coklat tidak berarti harga coklat menjadi murah di Belgia. Belgian chocolate yang berkualitas tinggi, tetap saja harganya mahal.  Di toko tempat saya bekerja misalnya, harga 100 gram coklat adalah 3,9 Euro yakni kalau dirupiahkan berkisar 58,000 Rupiah. Kenapa bisa mahal yah? ya karena itu tadi, coklatnya berkualitas tinggi.

Ada banyak faktor yang membuat harga coklat berkualitas tinggi begitu mahal. Ada yang bisa tebak kenapa?
Ok, let's skip pertanyaan saya tersebut, dan dengarkan alasan versi saya:
1. Karena bahan dasarnya sendiri berkualitas tinggi jadi modal dasarnya sudah pasti mahal.
2. Coklat istimewa itu bukan buatan mesin, tapi buatan tangan alias hand-made. Menggaji tangan manusia itu jauh lebih mahal dari pada biaya produksi dengan mesin. Apalagi SDM yang dipakai juga berkualitas tinggi, dengan artian para pembuat coklat tersebut harus melewati jenjang pendidikan dan training-training yang juga tidak murah.
3. Biaya pegawai, sewa toko, dan pajak yang tinggi, juga merupakan alasan kenapa harga-harga coklat di Belgia tinggi sekali.

Ini adalah beberapa merek coklat terkenal di Belgia:
-Neuhaus, Merupakan merek coklat praline pertama di Belgia sangat autentik dan berkualitas tinggi
-Pierre Marcolini, berfokus dengan memperkenalkan coklat sebagai penganan mewah
-Bruyerre klasik hand made belgian chocolate dengan harga yang sangat terjangkau
dan merek-merek lain yang terkenal yaitu:
-Leonidas
-Godiva (sudah bisa anda nikmati di berbagai negara)
-Galler (merek coklat ini bukan hanya di toko coklat khusus saja, namun sudah tersedia di banyak supermarket-supermarket di Belgia)

Oh ya, tempat terbaik untuk berburu coklat adalah di Grand Place (city center) atau square, karena di sana anda bisa menemui semua toko coklat terkenal.

Selamat berjalan-jalan dan menikmati Belgian Chocolate, the best chocolate in the world. 


4 komentar:

  1. Salam kenal kak Enny! Aku lagi nulis novel tentang perempuan yang tinggal di Belgia, so aku harus riset sana sini buat nyari info yang akurat, seneng bgt bisa nemu blog kakak, rasanya seperti dapet informasi yang fresh dari negaranya langsung. Terus ngeblog tentang belgia ya kak, bener-bener bikin pengen ke sananya langsung hehe

    BalasHapus
  2. Salam kenal kak Enny! Aku lagi nulis novel tentang perempuan yang tinggal di Belgia, so aku harus riset sana sini buat nyari info yang akurat, seneng bgt bisa nemu blog kakak, rasanya seperti dapet informasi yang fresh dari negaranya langsung. Terus ngeblog tentang belgia ya kak, bener-bener bikin pengen ke sananya langsung hehe

    BalasHapus
  3. Mbak mau tanya dong, gimana caranya mendapat kerja di Belgia..
    Saya juga insyaallah 2022 akan menikah dengan orang Belgia mbak (essen)
    Kemudian kalau seumpama saya kerja disana gimana mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk kerja di Belgia, menurut pengalaman saya sih:
      1. Semua paperwork dan urusan administrasi di city hall harus tuntas,
      2. Punya profile yang cocok atau sesuai dengan yang dicari dengan perusahaan2 di sini. Saya rasa penguasaan bahasa lumayan penting.
      3. punya kemauan buat belajar.

      Good luck, mudah2an semua berjalan lancar di tahun 2022 mas Rifki

      Hapus