Selasa, 09 September 2014

Menikah di Belgia dengan visa Schengen

Melanjutkan tulisan saya sebelumnya, saya ingin berbagi mengenai proses pengurusan pernikahan saya dan suami.

Seperti yang saya tulis sebelumnya, saat itu kami ada di Bali. Saya sedang tinggal dan bekerja di sana, sementara suami saya yang saat itu masih berstatus pacar berlibur paaaaanjaaaaaaang di Bali (liburan satu tahun) jadi statusnya dia saat itu unemployment alias pengangguran karna keasikan liburan.

Bagian dari syarat utama pengurusan visa tunangan ke Belgia adalah, salah satu dari pasangan memiliki pekerjaan tetap dan menetap di Belgia dan harus dibuktikan lewat slip gaji selama 3 bulan dan  bukti residensi yaitu bukti pembayaran tagihan apartment/flat selama 3 bulan atau kepemilikan properti. Mengingat pacar saya berlibur paaaanjaaaaang, dia tidak mampu untuk memberikan bukti pekerjaan ataupun tempat tinggal tetap di Belgia. Yang ada hanya nota-nota pembayaran hotel, hostel, bungalow dll di Bali. Itulah kenapa kita give-up dengan visa tunangan dan beralih ke Schengen visa.

Setelah membulatkan tekad, mengumpulkan semua informasi dan menyusun rencana, kamipun memulai semua proses. Sambil menyiapkan dokumen-dokumen untuk pengurusan visa, saya juga mulai mengumpulkan semua surat-surat yang diperlukan untuk menikah. Saat itu, saya sering berkomunikasi dan bertanya lewat telefon atau email kepada pihak kedutaan Belgia di Jakarta mengenai syarat-syarat untuk menikah di Belgia. Dan bukan hanya itu saja, kedua orang tua dari pacar saya juga berkunjung ke citi hall di Belgia untuk menanyakan syarat-syarat dan dokumen-dokumen yang harus diberikan untuk menikah.

3 hari setelah pengajuan visa, saya pun menerima 3 bulan Schengen visa yang dikeluarkan oleh kedutaan Belanda di Jakarta. Setelah visa dikeluarkan, kami langsung membeli tiket untuk ke Belgia. Tiket yang kami beli adalah return tiket, karna mengingat di bandara kita harus menujukkan return tiket sebelum keberangkatan. Return tiket adalah bukti bahwa kita akan kembali ke Indonesia, dan saat menunjukkan Schengen visa kepada pihak imigrasi, mereka tidak bertanya panjang lebar dan mempersulit kita untuk masuk ke negara lain. 1 bulan setelah berada di Belgia tiket untuk kembali ke Indonesia kemudian kami cancel dan pihak penerbangan me-reimburse- lebih dari 50% dari biaya tiket untuk kembali. walaupun kita tidak mendapatkan 100% uang kembali, setidaknya kita tidak kehilangan semuanya. 

Setelah tiba di Belgia, besokannya saya langsung diantarkan ke kantor commune untuk melaporkan kedatangan saya. Sambil melapor, kami juga mengambil appointment untuk membicarakan rencana pernikahan kami. Syarat-syarat yang diminta oleh commune/city hall setempat adalah:

  1. Passport
  2. Pas foto
  3. Surat keterangan belum menikah
  4. Surat domisili dari Indonesia
  5. Salinan akta lahir
  6. Surat peraturan hukum pernikahan di Indonesia yang bisa didapatkan dari kedutaan Indonesia di Brussels. 
  7. Surat bukti kewarganegaraan yang juga bisa didapatkan dari kedutaan Indonesia di Brussels.
  8. ID calon suami
Untuk dokumen-dokumen nomor 3,4,5; semua harus dilegalisasi di kementrian hukum dan ham Indonesia, kemudia dilegalisasi lagi di kementrian luar negeri Indonesia, dan di kedutaan Belgia di Jakarta. Setelah semua dokumen dilegalisasi, dokumen-dokumen tersebut harus diterjemahkan oleh penerjemah tersumpah di Belgia, dan kemudian hasil terjemahannya dilegalisasi oleh tribunal Belgia. 

Untuk dokumen-dokumen nomor 6 dan 7, dapat diminta dibuatkan dalam bahasa Prancis atau bahasa yang diminta oleh commune setempat, sebelum diserahkan harus dilegalisasi oleh pihak kementrian luar negeri di Brussels. 

Saat itu, karna saya sudah berada di Belgia, saya pun menyewa agen untuk menyelesaikan semua pengurusan di Jakarta. Saat selesai, sang agen langsung mengirim semua dokumen yang diperlukan, dan kami pun mengajukan pernikahan kami ke city hall. 2 minggu setelah pengajuan, kami menerima kabar gembira bahwa semua dokumen telah lengkap dan kami diijinkan menikah. Kami pun diundang untuk datang dan menentukan tanggal pernikahan kami jadi kami menikah pada tanggal 22 Februari 2014. 

Demikianlah proses pernikahan kami. :) untuk teman-teman yang berkeinginan menikah di Belgia, kemungkinan untuk menikah tanpa fiancee visa itu ada, yang terpenting sebelum menikah adalah kita kenali dulu dengan baik siapa calon suami kita, dan apakah kita siap untuk tinggal di negeri orang, jauh terpisah dari sanak saudara. 

92 komentar:

  1. sangat bermanfaat sekali artikelnya. terima kasih sudah berbagi ceritanya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa tolong info no telepon agennya? Apakah harus memakai surat keterangan anggota gereja? Thanks infonya ya

      Hapus
    2. saya gak punya nomor telpon agennya, tapi saya punya alamat email beliau. denny.alamsyah@gmail.com
      Kalau menikah di Gereja, ya persyaratannya harus ditanyakan langsung untuk gereja yang bersangkutan. kalau menikah secara sipil sih tidak ada diminta surat keterangan anggota gereja.

      Hapus
    3. Kak untuk pengajuan schengen visa 3 bulan ke belgia tuh katanya ada polis asuransi, mksutnya bgaimana ya. Apakah prosesnya juga mudah apa sulit kak?

      Hapus
    4. Ada polis asuransi memang, saya kalo gak salah beli online seharga kurang lebih 1 juta Rupiah. Jadi asuransi yang mengcover selama perjalanan kita di Belgia(selama 3 bulan)

      Hapus
  2. Mbak Enny, barusan telp Aliens Office Belgia ternyata kalau proses visa untuk menikah dari Jakarta prosesnya akan makan waktu 6 bulan. Jadinya mau ganti rencana huhu seperti cara Mbak Enny. Pas foto latar belakangnya warna apa dan ukuran berapa mbak? Hubungan mbak Enny dan suami waktu pengajuan apakah kurang dari 2 tahun? Krn hubungan saya dan calon suamibaru 1.5 tahun, takutnya masuk ke dalam department pernikahan palsu untuk diinvestigasi lebih lanjut. Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya saranin pakai visa untuk menikah saja. soalnya sekarang ini banyak perubahan dan lebih diperketat untuk orang luar masuk ke Belgia. walaupun visa menikah lebih ribet di awal, tapi udahannya lebih pasti. good luck yah.

      Hapus
  3. hi Enny, nice post,, saya ingin berkonsultasi mengenai pernikahan belgia, bisakah mengirimkan saya alamat email saya sangat memerlukan panduan, terimaksaih,
    alamat email saya vanda_chi@yahoo.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hello Lidya, saya akan bantu sebisa saya yah. saya kirim email ke kamu sekarang. :)

      Hapus
  4. Hallo Enny,

    Nama saya Andita.

    Postingnya membantu banged!
    Saya boleh tanya tentang point no.7
    *Surat bukti kewarganegaraan yang juga bisa didapatkan dari kedutaan Indonesia di Brussels.*
    Untuk bikin surat keterangan ini butuh berapa hari, dan apakah kedutaan besar Indonesia di BrΓΌssel punya format khusus dalam bahasa flemish atau perancis?

    Terima kasih bantuannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hello Andita,
      salam kenal. makasih sudah baca postinganku :)

      tinggal minta aja k Kedubes Indonesia di sini bahasa Belanda atau Prancis. selesainya sih aku lupa berapa lama tepatnya, tapi seingat aku gak lebih dari 1 minggu. good luck buat pengurusannya yah, semoga lancar.

      Hapus
    2. Selamat siang mba enny
      Saya septy. Kita berencana menikah di Belgia pada Dec 2020. Saya mempunyai Visa Schenghen italy yang berlaku sampai May 2020 type C, karena berhubung kemaren belum ada kepastian bahwa saya dan pacar saya akan menikah. Apakah bisa saya mengurus dokumen persiapan pernikahan dengan visa tersebut diatas (bukan visa schenghen belgia)? Mohon bantu email saya ke septysin@outlook.com ya mba. Terima kasih

      Hapus
  5. Hai kak, informatif bgt infonya. Kalo kami malah rencana menikah di indonesia. Setelah baca beberapa posting kak Enny, kayaknya saya harus gerak cepat untuk hubungin kedubes belgie. Dank u ! (:

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hello kak Leivne, kalau di Indonesia sendiri, setahu saya calon suaminya yang harus menghubungi kedubes Belgia di Jakarta. untuk surat keterangan belum menikah dsb. syaratnya bisa ditanyakan langsung ke Gereja dulu, setelah nikah gereja biasanya ke catatan sipil, syaratnya juga harus ditanyakan ke catatan sipil. Good luck yah untuk semua pengurusan.

      Hapus
  6. Hi mba Enny, thanks buat postnya, bermanfaat sekali. Mba, bolekah minta contact sworn translator yang terjemahkan dokumen Mba di Belgia? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. hello there,

      maaf nih, respon saya lambat sekali. saya kehilangan kontak si ibu yang traslated document2 saya, dan ini baru buka-buka lagi semua file-file saya dan baru ketemu :

      Namanya : Ibu Teti Rohaeti Atikah,
      Sworn tranlator prancis-Indonesia, atau sebaliknya

      No Tlp/fax: 043794114


      Kita cuman kontak lewat telpon, karna si Ibu tinggalnya jauh sekali, tapi orangnya sangat membantu.

      Hapus
  7. Hi Enny post yg sangat membantu untuk saya yg berencana menikah di belgia, bisa minta tolong untuk mengirimkan email, saya sangat butuh panduan, alamat email saya destiefatmawati@yahoo.com , terima kasih sebelumnya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hello mbak,

      saya sudah kirim email ke mbak.

      Good luck.

      salam,
      Enny

      Hapus
  8. Hi Enny info yg sangat membantu, bisa minta tolong mengirim email, saya butuh panduan nya untuk menikah di belgia, terima kasih sebelumnya, destiefatmawati@yahoo.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hello mbak / mas, terimakasih sudah membaca blog saya. emailnya barusan saya kirim.

      Hapus
  9. Hi Mba Enny, Saya Ratri. Saat ini saya sedang mengajukan dokumen menikah di commune Oostende, dan sedang menunggu kelanjutannya. Apakah commune di setiap kota punya ketentuan sendiri-sendiri ? Apakah para pekerja di commune tahu apa yang mereka lakukan untuk menerima pernikahan warga negaranya dengan calon dari negara lain ? Saya sedikit khawatir dengan commune di Oostende. Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hello mbak Ratri, setahu saya regulasi di negara ini cuman satu, tapi permintaan untuk kelengkapan document biasanya beda-beda.
      Sayangnya para pekerja di commune tidak semua tau tentang regulasi yang benar. Makanya dulu sebelum kita ajukan untuk menikah, pertama kalinya kita bertemu dengan orang yang salah (yang tidak mengerti), dan menolak proses untuk pengurusan pernikahan, karna pas dilihat visa saya visa tourist. setelah ditolak, kita research lagi di internet cari tau regulasi, dan ternyata tourist visa Type of visa : C itu bisa di pakai untuk menikah. Setelah itu kita ketemu dengan orang yang tepat, dan pengurusan pernikahan kita diterima. Good luck yah. salam dari Brussels

      Hapus
  10. Halo mbak Enny, terima kasih blognya sangat membantu.
    Mau tanya apakah setelah menikah mba harus balik ke indonesia dl buat mengurus izin tinggal di belgium lebih lama? atau bisa diurus dari belgium? terima kasih sebelumnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hello mbak Putri. Trimakasih sudah baca blog say. Maaf, saya baru bisa bales, baru perhatikan ada comment baru. Dulu setelah menikah saya langsung urus izin tinggal dari Belgia. Kalau sudah menikah berarti sudah bisa jadi pegangan untuk urus ijin tinggal.

      Hapus
  11. Hi Mba Enny, terima kasih atas postingannya. sangat membantu.

    Apakah bisa minta tolong mengirim email ke saya di wulanbeun85@gmail.com. saya butuh panduannya mbak.

    terima kasih sebelumnya. GBU.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hello mbak Wulan, email-nya sudah saya kirim. Selamat malam dari Brussels.

      Gbu

      Hapus
  12. Hello mbak Enny...
    Sepertinya saya juga ada di barisan yang lagi nervous nih, bingung mulai dari mana.
    Sedikit lega membaca blog ini...banyak kawan rupanya😊
    Saat ini saya ada di Sint Niklaas, bulan depan mau ngurus surat nikah, tapi masih blank..
    Boleh minta kontak emailnya atau kalo boleh komunitas orang Indonesia yg di Belgia...email saya: icclesias@gmail.com

    Salam, Icha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hello mbak Icha, emailnya baru saya kirim. Mudah-mudahan bisa membantu.

      Salam,

      Enny

      Hapus
  13. Dear Mbak Enny,
    Kalau calon suami pemegang Resident Belgium tapi warga negara Spayol, apakah kami bisa menikah di City Hall?
    Terima kasih.

    Salam,
    Ninik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hello mbak Ninik. Iya bisa. Yg penting residence nya minimum 3 bulan. Untuk syarat dan ketentuan harus hubungi city hall calon suaminya. Good luck.
      https://diplomatie.belgium.be/en/services/services_abroad/registry/marriage

      Hapus
  14. hallo mba saya dan calon suami saya yg kebetulan orang belgia, kami ingin menikah bulan september ini. mohon bantuan untuk info agen yang di jakarta dan penerjemah di belgia. kami masih kebingungan akan menikah di belgia atau di indonesia. jika lebih mudah di belgia kami akan mengurusnya. mohon panduan nya dan mohon email ke email saya ekhafitria14@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. hello mbak Eka Fitriani, emailnya saya kirim sekarang.

      Hapus
  15. Hallo mba enny artikel nya sgt bermanfaat buat saya,krn saya ada rencana utk menikah di belgia tahun ini boleh kirim email nya mba sy butuh bnyk Saran Dari mba,email saya siti.hajaroh8516@gmail.com thank mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mbak Siti,

      Email-nya sudah saya kirim. ;)

      Hapus
  16. hallo mbak Enny.. thanks postingannya membantu bgt.. sya juga lagi mikir klo lebih mudah urus di belgia mgkn mau urus di belgia aj,, tlg di kirimkan emailnya ya.. ke : lilirenz10@gmail.com.

    thanks ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hello mbak Li, emailnya sudah saya kirimkan.

      Hapus
  17. Hi.kak. saya mau tanya. Wktu itu kakak pas mau nikah ada prosedur itvw ga? Trs kalo itvw, itvw'a dmna? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hello mbak,

      itvw itu apa yah? saya gak ngerti?

      Hapus
  18. Hay mbak enny,makasi sudah berbagi?saat ini saya sdg bingung mbak,saya ingin menikah dgn calon dr turkey,tapi kami berencana utk menetap di belgia,mohon bantuan dan sarannya mbak,bagaimana bagusnya masalah pengurusan segala document,jujur saya hanya bisa english itu juga pasif,apakah menikah dulu d indonesia?mohon bantuan sarannya mbak,secara calon suami akan bekerja di belgia dan kami kan menetap disana.mohon reply comment saya ke windykristanti80@gmail.com,makasi banyak sebelumnya.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hello mbak.
      salah satu syarat utama menikah di Belgia itu, salah satu calon harus sudah mempunyai residency di Belgia. kalau belum tinggal di Belgia yah harus menikah di Indonesia atau di Turki dulu. Untuk document2nya harus ditanyakan kepada pihak yang bersangkutan langsung.

      Hapus
  19. Hi mbak
    Saya mau nanya ni, Saya disuruh pacar Saya tuk datang ke belgia krna dia takut ke Indonesia karna sda teror boom disini... kira2 Visa apa yg gal repot ngurus nya Dan cepat prose's nya...soal nya bingung sekali...bantuin Saya dong mbak!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hello mbak, gak ada visa kilat mbak. semua visa itu ada processnya setidaknya sebulan sebelum keberangkatan. Visa yang mbak perlukan itu Schengen visa. Tourist/visiting family or friend visa.

      Hapus
  20. Hello kak Enny thank you untuk postingannya

    Saya Sama calon suami lagi rencana untuk menikah bulan Juli ini

    Tapi calon saya ingin menikah Di Belgia
    Dan Dia ingin kami hidup Di Belgia

    Apakah akan sulit untuk Di urus dokumentasinya?

    Saya berharap kakak bisa memberikan saya panduan tentang hal ini

    Ini alamat Email saya innovaanunka@gmail.com

    Thank you very much kakak πŸ‘πŸ™πŸ˜‡πŸ˜„

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hello mbak apa kabar?

      makasih sudah membaca postingan saya. di postingan-postingan sebelumnya saya juga menjelaskan mengenai langkah2 pengurusan. BTW saya kirimkan email ke alamat mbak, jadi kalau ada pertanyaan spesific bisa mbak tanyakan lewat email.

      makasih.

      Hapus
  21. Hai mba Enny salam kenal ya,
    Mba sy berencana ingin nikah di belgia krn pacar sy krj n menetap di belgia. Namun dia kewarganegaraanya Spanyol. Dokumen apa aja yg sy butuhkan mba? Apakah rumit? Pacar sy maunya kami nikah di belgia mba krn lbh simple drpd di indonesia. Mhn bantu jwb ya mba. Email sy: meike.karolina@gmail.com

    Regards,
    Meike

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hello mbak Meike, makasih sudah baca blog saya. Untuk menikah di Belgia, mbak bisa langsung menghubungi kedutaan Belgia di Jakarta, mereka akan membantu dan memberikan pengarahan mengenai dokumen2 yang diperlukan. Good luck yah mbak.

      Hapus
  22. Hello mba Enny salam kenal. Mba mau tanya-tanya donk. Kirim ke emailku ya ke wulan.juni.wj@gmail.com. makasih banyak mba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hello mbak Wulan, saya sudah kirim email ke alamat mbak.

      Selamat malam dari Belgia.

      Hapus
  23. Hi mbk enny frans .. maaf saya Mau tanya kira kira biaya di waktu itu pakai makelar atau agency bisa ? Bisa mintak tolong kasih nomer tlp mbak karena saya ad di hongkong tp saya akan ke belgia untuk visa tourist dari hk setelah itu saya akan ke belgia 3 bulan trus pulang ke indo ngurus surat buat nikah d belgia .. tapi gak mungkin saya jalan sendiri saya butuh orang dalam maaf kalau bisa tahu saya mintak info juga tntang itu and maxcimum biaya buat visa itu berapa untuk nikah d belgia . Terima kasih
    ngurus surat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hello mbak, untuk biaya agen waktu itu saya udah gak inget detail-nya. Untuk orang dalam saya gak ada kenalan sama sekali. Mbak bisa langsung kontak Kedutaan Belgia di Jakarta lewat email, dan mereka biasanya menyediakan list agen resmi pengurusan visa. Waktu itu saya pakai bapak Denny Alamsyah (kontak-nya tertera dalam list agen resmi kedutaan Belgia di Jakarta). good luck mbak.

      Hapus
  24. Hi mbak eni Ada yg Mau saya tanyakan ..boleh minta email mbak enny . Widaantu88gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hello mbak, saya barusan coba kirim email ke alamat ini: Widaantu88gmail.com tapi alamat email-nya gak valid. mbak bisa hubungin saya via google chat juga :)

      Hapus
  25. Hallo mbak, maaf saya mau tanya soal syarat menikah di belgia, alamat email saya albentartus@gmail.com... terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hello mbak/mas,

      Syarat umum untuk menikah di Belgia adalah: 2 calon pasangan single, terus salah satu pasangan berdomisili di Belgia.

      Saya barusan kirim email ke alamat: albentartus@gmail.com.

      Good luck

      Hapus
  26. Halo Mbak Enny. Sy mau minta tolong konsultasi kalau boleh. Nih email sy sryratna.satiri@gmail.com.

    Terimakasih sebelumnya ��

    BalasHapus
  27. Hello mbak,

    saya sudah kirim email ke alamat mbak :sryratna.satiri@gmail.com.

    Salam kenal.

    BalasHapus
  28. Postnya sangat membantu,terimakasih mba.
    Saya punya pertanyaan:
    Setelah dokumen di legalisir oleh kemenkumham,kementrian luar negeri dan kedutaan besar. Apakah harus translate di Indonesia oleh penerjemah tersumpah,baru dibawa ke Belgia? Atau dibawa ke Belgia lalu ditranslate disana? Saya baca beberapa blog dan saya bingung yang mana yang benar. Mohon bantuannya mba.kalau mba ga sibuk,mohon bantuannya email ke: rdrdroad@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hello mbak, pengalaman saya dulu, karena sayanya sudah terlanjur di Belgia, jadinya saya translate nya di sini. Tapi kalau mbak proses nya pakai visa untuk menikah: terjemahannya di Indonesia. Saya akan kirim email ke alamat mbak sekarang.

      Hapus
    2. Hey kak saya mau tanya,apa boleh dokumen SKBM nya di legalisasi di belgia?? Krn sy sdh terlnjur di belgia kak... share pngalaman y kak slm knl..bls k email sy y kak
      Meryandani93@yahoo.com

      Hapus
    3. Hey kak slm knl ya postingnnya sngt membantu
      Sya bth informasi pnting tntng pnglamn kk mnikah di belgia
      Bisa bls k email sya kak

      Thx ��

      Hapus
  29. Hi mba Erny,
    Sy mia, suami saya belgia, kami sdh menikah di gereja tp untuk pencatatan sipil sptx butuh waktu lbh lama, sedangkan kami berencana untuk pindah ke Belgia dlm waktu dekat.
    Kami tetap lanjutkan proses disini sementara sy jg persiapkan syarat untuk menikah di Belgia (rencana sy masuk pakai schengen kunjungan kluarga).
    Ada beberapa detail yang ingin saya tanyakan, bolehkah share nmr mba Erny via email (damayantilestari22@gmail.com)? Terima kasih banyak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi mbak Damayanti, saya barusan kirim email ke Mbak.

      Hapus
  30. postnya sangat membantu mbak.
    mbak saya ada pertanyaan,boleh mbak bantu jelaskan ini email saya ellyssiallagan@yahoo.com

    BalasHapus
  31. hallo mbak..postnya membantu banget.mbak saya ingin tanya hal yang lebih ,kalau boleh ini email saya ellyssiallagan@yahoo.com terimakasih

    BalasHapus
  32. Hello Mbak Enny...
    Sy berencana menikah d Belgia, kira2 wkt yg d butuhkan utk kepengurusan sponsor letter berapa lama ya mbak, sblomnya makasi ya mbak atas smua info nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hello mbak Nita, untuk sponsor letter, harus tunggu dari commune/ city hall kurang lebih 3 minggu mbak. Itu tergantung commune nya sih. Kalo di Brussels ya sekitar 3 mingguan.

      Hapus
  33. Hello mba Nita,

    Saya background cerita yang persis sekali dengan mba Nita dl dengan suami. Boleh tolong email saya karena ada beberapa pertanyaan yg mau saya ajukan? :) angelina.lazuardi@yahoo.com πŸ™πŸ»

    BalasHapus
  34. Dear Mbak Eny, apakah sy bisa minta alamat email Mbak? email saya lannimarphy@gmail.com

    BalasHapus
  35. Hallo kak enny,

    kebetulan saya juga senang butuh info mengenai menikah di belgia, karena saya dan pasangan memutuskan untuk menikah di sana. kalau boleh bisa kah mengirimkan info lengkap dan agent yang bisa mengurus dokumen2 di indonesia.

    emailku nur.wijayanti89@gmail.com

    Terima kasih.

    BalasHapus
  36. Hi mbak Enny,
    Sejak january 2019 berkali-kali saya membaca ulang postingan mba soal prosedur menikah dengan WN Belgia di Belgia, sambil menjalankan proses untuk apply visa menikah di Belgia. Saat ini masih menunggu marriage declaration dari city hall. Tapi ada hal lain yang cukup mengganggu pikiran. Embassy of Belgium di Jakarta menginfokan bahwa nanti setelah menikah di Belgia, saya harus kembali ke Indonesia dan kembali mengajukan visa Reunited. Which is akan memakan waktu minimal 5 Bulan hingga 1 tahunan dalam prosesnya. Saya butuh info dari mba apakah ada cara lain untuk bisa stay di Belgia setelah saya melangsungkan pernikahan tanpa harus kembali ke Indo dan menunggu lagi 5bln-1 th? Mohon infonya mba. Email saya vany.openmind@gmail.com . Sebelumnya makasih banyak untuk bantuannya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hello mbak, ini peraturannnya saya baru denger. dulu pas udah menikah sih bisa langsung stay di Belgium. temen2 yang sudah menikah pun gak ada disuruh2 pulang lagi kok. yang penting suaminya punya bukti bahwa kondisi financial nya bisa mencukupi untuk hidup berdua. coba tolong ditanyain lagi mbak ke embassy nya. alesan disuruh pulang selama 5 bulan sampe 1 tahun itu buat apa sebenernya. kan aneh.

      good luck yah mbak.

      salam,

      Enny Frans

      Hapus
  37. Selamat malam mba Enny..
    Saya rencana akan menikah dengan pacar saya pada December nanti di Belgia. Kebetulan kemaren saya mengurus visa schenghen (italy) type C. Dan itu masih akan valid sampai Mey 2020. Setelah visa saya di approved, pacar saya mengirimkan permintaan pengurusan visa untuk saya ke City Hall, dan surat itu telah di approved utk pengurusan visa Belgia saya (sementara visa schenghen Italy) saya belum berakhir. Kira kira berapa bulan ya mba batas waktu minimal approval letter yang dikirimkan oleh city Hall Belgia itu dapat saya hold? Apakah saya bisa menikah di Belgia dengan memegang visa schenghen italy? Tolong bantu email saya ya mba ke septysin@outlook.com. Terima kasih mba

    BalasHapus
  38. Hi mbak... Saya sm calon suami sedang stuck di bagian declaration marriage. Setelah baca artikel, sy pikir tidak semudah dulu ya, banyak Hal yg ingin sy ketahui. Bisa mbak kirim email me Saya? Ini alamat email sy. chariessha09@gmail.com
    Makasih mbak. Sy tunggu ya.

    BalasHapus
  39. Hi mbak... Saya sm calon suami sedang stuck di bagian declaration marriage. Setelah baca artikel, sy pikir tidak semudah dulu ya, banyak Hal yg ingin sy ketahui. Bisa mbak kirim email me Saya? Ini alamat email sy. chariessha09@gmail.com
    Makasih mbak. Sy tunggu ya.

    BalasHapus
  40. Selamat malam mba enny saya sudah baca semua terima kasih postingan nya sangan membantu.
    Kebetulan saya juga baru menikahi pria asal belgia di indonesia dan kami berencana untuk terbang ke belgia bulan febuary.
    Boleh minta tolong bantuan dan sharing nya mba enny ke alamat email saya mba nuruldyni99@gmail.com hal yang mungkin blm saya tau mengenai belgia dan cara tinggal disana. Terima kasih mba enny

    BalasHapus
  41. Sister Enny rencana aku mau menikah di Belgia pakai Visa Schengen apakah bisah?

    BalasHapus
  42. Hi mba enny

    Postingannya sangat membantu sekali.
    Aku dan pacar, berencana untuk menikah, dan saat ini aku sedang di belgia sudah 1 bulan, dan ingin mengurus dokumen. Apakah mba enny masih punya contact agent di indonesia?
    Ini alamat email aku vollaaseanica@gmail.com

    Terimakasih

    BalasHapus
  43. Mba..saya mo tny... Kalo menikah samaborg belgia, dapatkah kita memegang 2 citizenship? Tanpa hrs melepaskan citizenship indonesia dapatkah kita tinggal di belgia?

    BalasHapus
  44. Kak kalau datanya blm lngkap apa bida di krm lwt e-mail untuk di legalisali di kedutaan jakarta?? Soalnya skrng posisi sya sdh bi belgia..
    Bntu infonya y kak
    πŸ™

    BalasHapus
  45. Kak tolong email k meryandani230@yahoo.com
    Ya informasinya sngt membantu

    BalasHapus
  46. Mba Enny, saya mominta info ttg cara dan dokumen lbh detail, bisa tlg email saya di aynah4343@gmail.com..saya tunggu mkch

    BalasHapus
  47. Mba saya perlu info, bisa email saya di aynah4343@gmail.com..mkch

    BalasHapus
  48. Hallo MBA Enny, terimakasih postigannya membantu sekali, jika berkenan bolehkah saya bertanya lewat email ttg bbrp dokumen dan langkah" yg diperlukan utk pengurusan menikah di Belgia, email saya di lanylegiman2007@yahoo.co.id, terimakasih ��

    BalasHapus
  49. Hallo mbak enny ,brarti mb enny skrg tinggal di belgia ya, boleh minta info dokumen apa sj untuk bs mjd WN belgia, suami saya belgia tapi karena covid 19 ini jd ambyaarr,dokumen saya dan anak sy tertunda setelah legalisasi pemerintah,sy ingin sekali mengetahui syarat2 dokumen yg di perlukan untuk mjd WN belgia ,trmksh sebelumnyaπŸ™ infokan ke email please aprisristiani15@gmail.com

    BalasHapus
  50. Halo Mba Enny, terima kasih atas postingannya yang sangat membantu. Saya ingin menanyakan beberapa info terkait pengurusan dokumen dll, bisakah saya minta emailnya ke jb_always@yahoo.com? Terima kasih...

    BalasHapus
  51. Halo Mbak Enny.. Terima kasih atas informasinya.. Apakah jika kita menikah dengan WArga Belgia.. Dan kita menetap disana.. Apakah kita wajib mempunyai sertifikasi bisa berbahasa dutch?

    BalasHapus
  52. Hello Mbak Liliyan, setahu saya enggak wajib sertifikasi bahasa sih. Kecuali kalau mau melanjutkan sekolah mungkin atau mau mengajukan kewarganegaraan Belgia.

    BalasHapus
  53. Hallo Mba Enny.. seneng banget bisa ketemu blog ini dan pembahasannya jelas plus ga pelit ilmu.. Mba kebetulan aku mau menikah dg orang yg sdh yang tinggal di Belgium dan rencana membawa satu anak kesana. Kira-kira visa yang perlu di apply,visa schengen atau visa marriage saja? kira-kira prosedurnya gimana ya mba agar di approve visa saya dan visa anak plus saya bisa diterima untuk menikah disana. Mau pencerahannya ya mba.. Terima ksh byk mba ❤
    email saya di kikyamaliyah1@gmail.com

    BalasHapus
  54. Hai...TKS infonya πŸ™πŸ™πŸ™
    Bisa Bantu ke email saya... sahetapymarla@yahoo.com
    Boleh minta alamat email nya...TKSπŸ™πŸ™πŸ™GBU

    BalasHapus
  55. Hallo...tks infonya πŸ™πŸ™πŸ™
    Boleh minta alamat email nya??

    BalasHapus